Nabila

29 Agustus 2007

Depok, Indonesia

Thanks For visiting my blog,
::
Start
Nabila
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Jumat, 20 Januari 2012

Cara Burning File ISO ke Flashdisk/USB Drive

Bakar file ISO ke CD atau DVD mungkin itu sudah biasa dilakukan, tapi bakar/burning ke Flashdisk/USB Drive (Live USB) mungkin masih ada yang baru tahu caranya, seperti saya yang baru tahu dan mencobanya, yaitu disini kita bisa menggunakan bantuan software yang bernama UNetbootin (Universal Netboot Installer) yang dapat digunakan pada windows maupun linux dan dapat diunduh di sini

Bila di ubuntu untuk mengunduhnya yang lebih mudah bisa melalui langkah berikut:


  • Applications - Ubuntu Software Centre
  • Ketikan UNetbootin
  • Klik Install, tunggu sampai selesai unduhannya.
  • Software hasil unduhannya dapat dijalankan melalui Applications - System Tool - UNetbootin.

Penggunaannya ada dua cara instalasi, yaitu secara online dan offline, tapi sebelumnya tancapkan dulu Flashdisk-nya di PC dan jalankan UNetbootin:
  • Cara online, yaitu dengan mengunduh ISO-nya dari server penyedia ISO distro Linux yang kita maksud/inginkan. Bila menggunakan mode ini, silahkan pilih distro Linux dan versi yang diinginkan pada pilihan yang telah disediakan UNetbootin, dengan cara Klik Distribution kemudian pilih pada kotak Select Distribution dan Select Version.
  • Cara offline, yaitu kita sudah mempunyai/mengunduh file ISO dari distro Linux yang kita maksud/inginkan dan sudah tersimpan di harddisk. Untuk memilih mode ini, pilihan distro dan versi seperti gambar diatas dibiarkan saja tidak usah diubah. Caranya yaitu dengan mengklik atau memberi titik pada Diskimage dan memasukan dimana File.ISO disimpan pada harddisk dengan cara mengklik tanda yang diberi ceklis merah seperti pada gambar dibawah.

Kemudian pilih type USB dan Drive. Klik Ok dan tunggu hingga proses selesai sampai ada perintah Reboot.
Untuk menjalankan hasilnya silahkan Reboot, dan jangan lupa untuk mensetting BIOS ke Flashdisk, supaya bisa Booting dari Flashdisk/USB Drive.

Sekian....

0 komentar: